SHARE :

Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Terbit : 14 Oktober 2018 / Kategori : / / Author : caleg
Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pemerintah akan meningkatkan sumber daya manusia, pendidikan sudah dikembangkan dengan anggaran sampai 20 persen, meski sistem pendidikan yang ada belum sinkron dengan dunia usaha.  Namun masalahnya, Tanah Datar masih kekurangan guru untuk menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan. Pemerintah harus gencar mengembangkan kesempatan berusaha dan bekerja, terutama pada sektor retail. Aturan yang akan dipersiapkan adalah mengenai berapa persen kepemilikan mini market dari pemilik aslinya.

Kesejahteraan Masyarakat merupakan salah satu aspek penting di dalam pemerintahan. Pemerintah harus berupaya sangat keras dengan berbagai program yang direncanakan atau sedang berjalan dan tidak lupa pula untuk dipantau dan di evaluasi seberapa efisien dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat baik dalam bidang pendidikan , ekonomi maupun kesehatan. Bupati Tanah Datar kedepan diharapkan mampu menjalankan berbagai program guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya adalah Program Perempuan Pahlawan Ekonomi, program pengembangan potensi komunitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) perempuan yang tersebar di kabupaten Tanah Datar secara berkelanjutan setiap tahun. Untuk memaksimalkan  sebuah  keluarga,  tidak  bisa hanya mengandalkan suami tetapi istri juga harus bisa berperan aktif. Oleh karena itu, Bupati Tanah Datar kedepan mampu menyusun suatu program dengan mengajak para ibu-ibu untuk mencari penghasilan tambahan.

Tidak  harus  meninggalkan  rumah,  berkarya  bisa  dilakukan dimana saja tanpa meninggalkan kewajiban sebagai seorang istri. Program yang akan dijalankan untuk lima tahun kedepan akan membina para Bundo Kabupaten Tanah Datar yang sudah di data terlebih dahulu. Di program ini, segala sesuatu dipikirkan secara mendetail. Misalnya, untuk melatih peserta UMKM dalam hal marketing, diadakan lomba berjualan di tingkat kecamatan . Tahap selanjutnya di tingkat Kabupaten. Pemenang akan digelari sebagai “Pahlawan Ekonomi”. Program ini juga didukung dengan adanya Perda No. 8 Tahun 2012 tentang Perlindungan Perempuan.

Berdasarkan hasil penelitian melalui analisis SWOT, mendapatkan empat strategi yang disusun melalui urutan prioritas. Berikut ini adalah hasil strateginya :

  1. Mengupayakan perluasan dan pemerataan pendidikan serta pembinaan dan pengembangan produktifitas masyarakat.

Pada kebijakan ini pemerintah mengupayakan agar semua Nagari dan Jorongyang ada di KabupatenTanah Datar dapat mengecap pendidikan karena pendidikan merupakan hal mendasar yang perlu dilakukan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Tidak hanya itu, dengan mengupayakan perluasan dan pemerataan pendidikan maka secara tidak langsung pemerintah telah mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang nantinya mampu untuk bersaing dimasa mendatang. Pembinaan dan pengembangan produktifitas juga perlu untuk diupayakan bagi masyarakat yang ada. Karena,jika masyarakat tidak dibina dan tidak dikembangkan setiap skill yang mereka miliki maka kualitas yang mereka miliki tidak dapat berkembang. Sedangkan perubahan dan perkembangan jaman sekarang ini menuntut masyarakat yang mempunyai daya saing yang tinggi, agar mereka beserta dengan daerah mereka tidak tertinggal dari daerah lain. Karena hal inilah maka pemerintah harus mengupayakan perluasan dan pemerataan pendidikan serta pembinaan dan pengembangan produktifitas masyarakat. Untuk merealisasikan strategi ini maka pemerintah menerapkan beberapa program – program pembangunan, antara lain sebagai berikut :

  1. Program pendidikan dasar pra sekolah (PAUD)
  2. Program pendidikan menengah (SD, SMP, SMA)
  3. Program pembinaan pendidikan luar sekolah (MDA, dibawah na
  4. Program pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Peningkatan pelayanan publik dengan perbaikan kualitas aparatur dan pelaksanaan pembangunan yang seimbang.

Perbaikan kualitas aparatur di Kabupaten Tanah Datar merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena aparatur yang berkualitas akan menjadi contoh bagi masyarakat. Karena daerah yang berkualitas tercermin dari pemerintah yang berkualitas. Hal itu dapat terlihat dari pelayanan yang mereka lakukan kepada masyarakatnya. Pembangunan yang dilakukan juga harus seimbang, karena keseimbangan pembangunan dalam satu daerah agar tidak terjadi perpecahan mengingat daerah ini terdiri dari berbagai suku dan budaya. Untuk pelaksanaan strategi ini pemerintah harus melakukan beberapa program pembangunan, yaitu :

  1. Program peningkatan perencanaan
  2. Program peningkatan sarana dan prasarana aparatur pemerintah
  3. Program pengembangan aparatur pemerintah
  4. Program pengembangan kelembagaan dan ketatalaksanaan
  5. Program peningkatan kualitas kepegawaian
  6. Program pelayanan prima
  7. Program peningkatan kesejahteraan Aparatur
  8. Mendorong peningkatan integrasi dan kepedulian masyarakat.

Daerah ini terdiri dari tidak hanya didiami oleh masyarakat asli saja, tetapi juga oleh para masyarakat dari luar daerah. Dari kerTanah Dataran suku dan latar belakang kebudayaan yang berbeda ini bisa saja terjadi persatuan yang harmonis ataupun perpecahan. Untuk itu, pemerintah harus mendorong persatuan dan kesatuan serta kepedulian dari masyarakat, karena perbedaan yang dimiliki tidak harus menjadi penyebab perpecahan melainkan dapat menjadi satu kekuatan bagi daerah tersebut. Kesatuan dan kepedulian dari masyarakat harus didorong oleh pemerintah Kabupaten Tanah Datar, karena hal ini dapat memudahkan pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di daerah. Untuk melaksanakan strategi ini maka pemerintah menerapkan beberapa program program guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Tanah Datar, yaitu:

  1. Program pembinaan, pengembangan produktifitas dan perlindungan tenaga kerja
  2. Program pelayanan, rehabilitasi dan partisipasi sosial
  3. Program pemberdayaan perempuan
  4. Program pelayanan kependudukan
  5. Program pembinaan pemuda dan olah raga
  6. Program pengembangan seni budaya daerah
  7. Eksploritasi potensi daerah yang berbasis teknologi.

Strategi ini dilakukan dengan menjadikan masyarakat sebagai pengeksplor sumber daya alam yang mereka miliki dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang saat ini. Hal ini dapat memberikan dampak yang cukup besar bagi daerah maupun masyarakat yang ada karena para masyarakat yang ada dapat semakin mengembangkan skill mereka dengan teknologi yang semakin berkembang saat ini tetapi juga dapat langsung mempromosikan daerah dengan kekayaan yang dimiliki oleh daerah ini. Untuk merealisasikan strategi ini maka pemerintah menerapkan program-program pembangunan, yaitu :

  1. Program pengembangan pemasaran pariwisata
  2. Program pengembangan produk kewirasataan

Berita Lainnya

Bolehkah Pemimpin Perempuan ?
24 November 2020
Bolehkah Pemimpin Perempuan ?
Author : betty
Vivamus Udmauris Seddui Dignissim Curabitur Aeneans
29 September 2018
Vivamus Udmauris Seddui Dignissim Curabitur Aeneans
Author : caleg
Duis Uterat Accumsan, Hendrerit Vitae, Mollis Eros
28 November 2017
Duis Uterat Accumsan, Hendrerit Vitae, Mollis Eros
Author : caleg
Donecnec Ligula Atmagna Maximus Gravida. Praesent Velit
28 November 2017
Donecnec Ligula Atmagna Maximus Gravida. Praesent Velit
Author : Ciuss Creative